Sabtu, 29 Januari 2011

Tetap sehat dengan berkerudung

Tips kulit kepala sehat meski berkerudung. Kalau anda seorang muslim pasti anda tahu kewajiban untuk menutup aurat. Nah kalau berbicara wanita dengan aurat pasti yang namanya kerudung atau jilbab tak bisa dipisahkan. Karena rambut wanita merupakan aurat, jadi harus ditutupi.

Tapi masih banyak dari para wanita muslim yang belum memakai kerudung sebagai penutup aurat mereka. Karena mereka menganggap rambut yang sebagai mahkotanya wanita dan juga sebagai letak keindahan dari wanita akan lebih baik bila terlihat keindahannya oleh orang lain.

Bagi wanita yang berkerudung tentu harus lebih ekstra perhatian dalam merawat rambut. Iklim dan udara yang panas dapat merusak keindahan rambut sehingga menjadi tidak sehat. Ini juga yang banyak menjadi bagi para wanita untuk tidak mengenakan kerudung. Bagaimana menyiasatinya, ternyata tidah susah.

Tips kulit kepala sehat meski berkerudung:

1. Untuk bahan kerudung Anda, sebaiknya pilih yang mudah menyerap keringat, seperti katun atau kaos. Bahan ini memiliki pori-pori besar yang memudahkan sirkulasi udara dan keringat menguap keluar dan tidak
tertahan di dalam.

2. Ingin tampil beda dengan kreasi kerudung model tumpuk? Batasi lapisannya hanya sampai pada helai ke empat. Kerudung yang terlalu besar akan membuat kulit kepala panas dan rambut lembab. Jangan terlalu sering menggunakan kerudung tumpuk, batasi frekuensinya.

3. Jika Anda memiliki rambut panjang, sebaiknya potong rambut Anda dengan panjang tidak melebihi dari 60 cm. Hal ini untuk menghindari Anda menggulung rambut terlalu banyak. Selain itu, jangan mengikat rambut terlalu kencang, ini menyebabkan rambut menjadi patah dan sulit bernapas.

4. Jika tidak ingin kulit kepala Anda terasa panas dan lembab, hindari warna gelap pada kerudung atau jilbab. Warna gelap akan mudah menyerap matahari. Pilih warna terang atau putih bila Anda melakukan aktifitas di luar ruangan.

5. Tampik cantik dengan kerudung yang gaya, boleh-boleh saja. Tetapi bila setiap hari mengikat kerudung di bagian leher, artinya sirkulasi udara untuk rambut akan semakin terhambat. Lepas kerudung sehingga bagian tepinya menjuntai dan kulit kepala tetap dapat bernafas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar